artikel, demo sound, band profile send to: noiseblast.media@gmail.com

INDONESIA, NEGERI KAYA TAPI HANYA BEBERAPA SAJA YANG KAYA RAYA


By on 17.3.13

Menarik membaca cerita yang di-share seorang teman yang sedang belajar di Singapura. Ia menulis kisah ini di wall Facebook-nya. Meskipun kisah ini sering juga dijumpai di berbagai tempat, termasuk melalui pesan berantai dengan sedikit versi yang berbeda dari sumber yang tidak jelas, namun bagi saya menjadi sebuah cermin untuk melihat potensi diri sebagai orang Indonesia yang didukung kekayaan alam yang melimpah ruah dan selalu menjadi incaran banyak orang. Berikut ini ceritanya ...

Suatu pagi, kami menjemput seorang klien di bandara. Orang itu sudah tua, kisaran 60 tahun. Si Bapak adalah pngusaha asal Singapura, dengan logat bicara gaya melayu & english, beliau menceritakan pengalaman hidupnya kepada kami yang masih muda. Beliau berkata,”U’re country is so rich!” Ah biasa banget denger kata-kata itu.

Tapi tunggu dulu. “Indonesia doesn’t need the world, but the world needs Indonesia,” lanjutnya. “Everything can be found here in Indonesia, U don’t need the world.” “Mudah saja, Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yg butuh Indonesia!

Singapura is nothing, we can’t be rich without Indonesia. 500.000 orang Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami. Apartemen-apartemen terbaru kami yang beli orang-orang Indonesia, ga peduli harga selangit, laku keras. Lihatlah RS kami,orang Indonesia semua yang berobat. Trus,kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, bener-benar panik. Sangat terasa,we are nothing. Kalian tau kan kalo beberapa waktu lalu dunia krisis beras, termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras.

Lihatlah negara kalian! Air bersih di mana-mana. Lihatlah negara kami! Air bersih pun kami beli dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis, karena pasirnya mengandung permata. Terlihat glitter kalo ada matahari bersinar. Penambang jual cuma Rp 3 ribu/kg ke pabrik China, si pabrik jual kembali seharga Rp 30 ribu/kg. Saya lihat ini sebagai peluang.

Kalian sadar tidak kalo negara-negara lain selalu takut meng-embargo Indonesia! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, makanya tidak diembargo. Harusnya KALIANLAH YG MENG-EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah pangan dr petani-petanimu sendiri. Belilah tekstil garmen dari pabrik-pabrik sendiri. Tak perlu impor kalau bisa produksi sendiri. Jika kalian bisa mandiri,bisa MENGEMBARGO DIRI SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!! (dimdjoen)

KOLEKTIF KURANG KERJAAN

Demo lagu, press release (rilisan terbaru), Scene/Gigs Report, Artikel/Tulisan sendiri, Flyer/poster (Gigs/Events, Rilisan), Review (CD, kaset, filem, buku, dll), kirim ke: noiseblast.media@gmail.com.

 
Bagikan